Eat What You Want and Stay Slim

Sounds impossible, at least for me. Tapi jadi hal yang biasa untuk beberapa orang yang dianugrahi badan yang-makan-apa-saja-tetap-kurus. Judul di atas sebenarnya adalah tema talkshow yang diadakan pada tanggal 14 Juni 2011 oleh timnya pak Juli Triharto, master Hypnolangsing di salon Moz5 Margonda Depok.

Hypnolangsing adalah metode penurunan berat badan yang mudah dan menyenangkan. Metode ini memfokuskan untuk mengubah kebiasaan dan reprogram your mind dengan cara reconnect mind and body. Melihat metodenya sudah pasti hypnolangsing bukan cara instan untuk menjadi kurus.

Kita sudah mengetahui akibat makan berlebih atau konsekuensi makan hidangan berlemak tapi mengapa tetap sulit melangsing. Ada yang beralasan, saya keturunan gemuk atau tulang saya besar. Actually, menjadi gemuk bukan keturunan melainkan perilaku makan yang diturunkan.

Mengapa sulit melangsing?
Obsessive Dieting
Terobsesi dengan diet seperti memiiilh jenis makanan, mengganti sarapan dan makan malam, menghitung asupan kalori termasuk  mengatur jam makan.

Emotional Eating
Seringkali kita makan untuk merayakan kesenangan juga makan untuk mengobati kesedihan. Tak jarang kita makan karena melihat makanan favorit padahal tidak lapar

Faulty Programming
Ada sebagian masyarakat kita yang menganggap gemuk itu tanda kesejahteraan. Orangtua mana yang tak ingin melihat anaknya gemuk, karena semua beranggapan gemuk itu lucu dan sehat.

So, how hypnolangsing works? Hypnolangsing adalah perilaku yang menjalankan 5 Magic Rules:
1. Ketika lapar makan
Jangan tunda lapar menjadi kelaparan yang membuat badan merasa tidak nyaman, seperti pusing atau mual. Makan saat lapr fisik, bukan lapar mata atau lapar emosi. Ciri lapar fisik adalah datangnya perlahan dan mudah dideteksi. Percayakan rasa lapar Anda pada jam tubuh bukan jam dinding.

2. Makan yang diinginkan
Misalnya Anda ingin makan pizza tapi saat menunggu pizza 15 menit, Anda memutuskan untuk mengganjal perut dengan salad dan juice. Padahal, menurut hypnolangsing, apapun yang masuk ke dalam mulut kecuali air putih adalah makanan. Tidak ada istilah makanan pokok atau cemilan. Saat pizza datang, lambung Anda sebenarnya sudah cukup terisi.

3. Makan secara sadar
Maksudnya makan perlahan, sadari, nikmati perubahan rasa, tekstur, dan suhunya saat mengunyah. Lakukan di setiap suap, bukan hanya di suapan awal.

4. Ketika netral, stop makan
Netral adalah suatu stage di mana lapar sudah hilang tapi belum terasa kenyang

5. Move more!
Buat diri Anda melangkah lebih banyak setiap harinya, misalnya mengurangi penggunaan lift. Pilih fun exercise, pilih yang paling nyaman.

5 Magic Rules ini perlu dilatih setiap saat sehingga menjadi perilaku atau kebiasaan baru Anda. Saat sudah berperilaku hypnolangsing maka hasilnya adalah
– Stop craving
– Stop emotional eating
– Speed up metabolism
– Feel good about yourself
– Motivate fun exercise

Menurut saya, hypnolangsing bisa jadi implementasi satu sunnah Rasul yang sangat populer, “makanlah saat lapar, berhentilah sebelum kenyang”. Eat what you want and stay slim sounds possible for me now. What about You? Siap langsing?

For more info, click http://julitriharto.com or follow @hypnolangsing on twitter.